25 Wasiat Imam Al Ghazali
. Terimalah alasan yang benar, sekalipun dari pihak lawan
. Jangan segan segan kembali kepada yang benar, manakala terlanjur salah dalammemberikan keterangan
. Berikan contoh dan teladan yang baik kepada murid dengan melaksanakan perintah agama dan meninggalkan larangan agama, agar demikian apa yang engkau katakana mudah diterima dan diamalkan oleh murid.
. Dengarkan dan perhatikan segala yang dikatakan oleh ibu bapakmu, selama masih dalam batas batas agama.
Selalulah berusaha mencari keredhaan orang tuamu.
. Bersikaplah sopan santun, ramah tamah dan merendah diri terhadap orang tuamu.
. Bila mencari teman untuk mencapai kebahagian akhirat, perhatikanlah benar benar urusan agamanya. Dan bila mencari teman untuk keperluan duniawi, maka perhatikanlah ia tentang kebaikan budi pekertinya.
. Sabar dan tabahlah dalaml menghadpi segala persoalan.
. Besikaplah lemah lembut dan sopan santun dengan menundukan kepala.
. Janganlah sombong terhadap sesama mahluk, kecuali terhadap mereka yang zalim.
. Bersikap tawadduklah dalam segala bidang pergaulan.
. Janganlah suka bergurau dan bercanda
. Bersikap lemah lembut terhadap murid dan hendaklah dapat menyesuaikan diri atau mengukur kemampuan murid.
. Hendaklah sabar dan teliti dalam mendidik muridnya yang kurang cerdas.
. Jangan berkeberatan menjawab, “aku kurang mengerti,” jika memeang belum mampu menjawab sesuatu masalah.
. Pusatkanlah perhatian kepada murid yang sedang bertanya, dan memahami benar isi pertanyaanya.
. Cepat cepatlah memenuhi panggilan agama.
. Jauhilah larangan larangan agama.
. Janganlah menentang terhadap takdir Allah SWT.
. Berpikirlah selalu tentang nikmat nikmat dan keagunga-Nya.
. Menangkanlah yang hak dan gugurkanlah yang batil.
. Rendahkanlah hatimu kepada Allah SWT.
. Sesalilah segala perbuatan yang tercela dan merasa malulah dihadapan Allah SWT.
. Hindarilah segala tipu daya yang tidak terpuji dalam mencari nafkah, dengan penuh keyakinan bahwa Allah SWT selalu melimpahkan segala usaha kebaikan apapun sertailah dengan tawakkal kepadanya.
. Hendaklah seseorang menerima masalah masalah yang dikemukakan oleh muridnya.
. Berikan contoh dan teladan yang baik kepada murid dengan melaksanakan perintah agama dan meninggalkan larangan agama, agar demikian apa yang engkau katakana mudah diterima dan diamalkan oleh murid.
. Dengarkan dan perhatikan segala yang dikatakan oleh ibu bapakmu, selama masih dalam batas batas agama.
Selalulah berusaha mencari keredhaan orang tuamu.
. Bersikaplah sopan santun, ramah tamah dan merendah diri terhadap orang tuamu.
. Bila mencari teman untuk mencapai kebahagian akhirat, perhatikanlah benar benar urusan agamanya. Dan bila mencari teman untuk keperluan duniawi, maka perhatikanlah ia tentang kebaikan budi pekertinya.
. Sabar dan tabahlah dalaml menghadpi segala persoalan.
. Besikaplah lemah lembut dan sopan santun dengan menundukan kepala.
. Janganlah sombong terhadap sesama mahluk, kecuali terhadap mereka yang zalim.
. Bersikap tawadduklah dalam segala bidang pergaulan.
. Janganlah suka bergurau dan bercanda
. Bersikap lemah lembut terhadap murid dan hendaklah dapat menyesuaikan diri atau mengukur kemampuan murid.
. Hendaklah sabar dan teliti dalam mendidik muridnya yang kurang cerdas.
. Jangan berkeberatan menjawab, “aku kurang mengerti,” jika memeang belum mampu menjawab sesuatu masalah.
. Pusatkanlah perhatian kepada murid yang sedang bertanya, dan memahami benar isi pertanyaanya.
. Cepat cepatlah memenuhi panggilan agama.
. Jauhilah larangan larangan agama.
. Janganlah menentang terhadap takdir Allah SWT.
. Berpikirlah selalu tentang nikmat nikmat dan keagunga-Nya.
. Menangkanlah yang hak dan gugurkanlah yang batil.
. Rendahkanlah hatimu kepada Allah SWT.
. Sesalilah segala perbuatan yang tercela dan merasa malulah dihadapan Allah SWT.
. Hindarilah segala tipu daya yang tidak terpuji dalam mencari nafkah, dengan penuh keyakinan bahwa Allah SWT selalu melimpahkan segala usaha kebaikan apapun sertailah dengan tawakkal kepadanya.
. Hendaklah seseorang menerima masalah masalah yang dikemukakan oleh muridnya.
No comments:
Post a Comment